TUTORIAL BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN GOOGLE MEET MELALUI GOOGLE CLASS ROOM
Pembelajaran di masa pandemi ini menuntut kita untuk lebih kreatif dalam pembimbingan kepada siswa. Banyak media daring yang bisa kita manfaatkan dalam rangka pembelajaran dan pembimbingan siswa, salah satunya adalah Google Meet. Penggunaan Google Meet dalam pembelajaran / pembimbingan siswa sudah banyak di lakukan di sekolah - sekolah.
Tutorial dan pembahasan tentang penggunaan dan pemanfaatan Google Meet sudah banyak diketahui, tetapi kali ini akan kita bahas tentang penggunaan google meet apabila digabungkan dengan Google Class Room.
Tentu saja penggunaan Google Meet tidak terbatas pada kegiatan bimbingan klasikal saja, tetapi bisa juga digunakan untuk kegiatan bimbingan / konseling yang lain. Tergantung dari kebutuhan kita sebagai guru pembimbing.
Buka Google Class Room ( pastikan semua siswa sudah masuk menjadi anggota GCR )
Buka Google Meet lewat Google Class Room ( cara : pilih tombol 9 kotak )
Akan muncul tampilan Google Meet seperti gambar di bawah ini :
Pilih tombol RAPAT BARU
Pilih : Dapatkan link rapat untuk dibagikan
Link Rapat di salin dengan cara pilih logo kertas ganda yang ada di sebelah kode link
Kita sudah mendapatkan Salinan dari link di Google Meet dan siap kita bagikan, bisa lewat GCR, WA dan media lainnya..
Selanjutnya > kembali ke GCR > Pilih tombol Tugas Kelas
Pilih tombol Buat > Tugas
Beri Judul ( misal : GAYA BELAJAR ) dan Petunjuk > Pilih tombol Tambahkan > Link
Tempatkan / Paste
Cara : a. tempatkan kursor di link > klik kanan > Paste atau
b. tekan tombol key board bersamaan : Ctrl + V
Tekan tombol : Tambahkan Link
Link Google Meet sudah ditempatkan di Google Class Room
Untuk memulai pembelajaran bisa langsung lewat link tersebut
Anda bisa juga menambahkan materi atau tugas yang lain ( file , link, you tube atau file yang berada di Google Drive )
Caranya :
Tekan tombol tambahkan
Pilih : Google Drive ( jika file disimpan di dalam Google Drive), Link, File ( jika file disimpan di computer / flash disk ), you tube.
Apabila file berada di Google Drive > Pilih Google Drive > Muncul tampilan seperti di bawah ini > Pilih DRIVE SAYA
Pilih Folder ( jika file berada dalam folder )
Pilih File yang akan di upload ( Misal : Gaya Belajar )
Lakukan hal yang sama apabila ingin menambah file / link / video / kuis / google form
Setelah semua materi kita masukkan dalam TUGAS KELAS, untuk selanjutnya adalah PENJADWALAN , caranya : pilih tanda segitiga di sebelah kanan TUGASKAN > Jadwalkan
Tentukan tanggal dan waktu > Jadwalkan > Tugaskan
Apabila peserta lebih dari satu kelas, maka kita bisa membuat salinan TUGAS KELAS yang sudah kita buat sebelumnya, caranya :
Buka kelas yang akan kita buatkan TUGAS KELAS
Caranya : Pilih tanda garis tiga, sebelah kiri atas . Perhatikan tanda anak panah berikut ini !
Sehingga akan muncul pilihan kelas
Pilih kelas yang akan kita buatkan TUGAS KELAS
Pilih Tugas Kelas
Pilih tombol : Buat
Pilih : Gunakan kembali postingan
Pilih kelas yang sudah kita buatkan Tugas sebelumnya ( misal kita sudah membuat di kelas 8A, maka kita pilih kelas 8A )
Pilih Tugas Kelas yang akan di salin ( misal : GAYA BELAJAR )
Pilih tombol GUNAKAN KEMBALI
TUGAS KELAS sudah di salin di kelas yang baru ( misal dari 8A ke 8B )
Atur kembali / cek Penjadwalan dan lain sebagainya sebelum di TUGASKAN
Lakukan hal yang sama untuk kelas yang lain, sampai selesai
Selesai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar anda & Balasan saya